Kisah Tersembunyi di Surat Al-Baqarah, Keutamaannya Bisa Mengusir Jin


Surat Al-Baqarah - Ilustrasi orang berdzikir. (Foto By PEXELS)

 
Surat Al-Baqarah - Ilustrasi orang berdzikir. (Foto By PEXELS)  

 

SAHABAT SURGA|JAKARTA - Banyak kisah dan teladan tersembunyi dalam Surat Al-Baqarah. Surat ini juga disebut memiliki keutamaan mengusir jin.

Selain mendapat manfaat dari membaca Al-Qur’an, membaca Surat Al-Baqarah juga memiliki keutamaan seperti untuk mengusir jin.

Al-Baqarah merupakan surat kedua di dalam Al-Qur’an. Surat ini memiliki arti lembu betina, nama Al-Baqarah ini diambil dari ayat 67 sampai 74.

BACA JUGA: Mendengar 15 Ayat Sajdah Saat Sujud Tilawah, Mampu Singkirkan Godaan Syaithan

Dalam surat Al-Baqarah ayat 67 sampai 74 ini ada cerita tentang Bani Israel yang disuruh Nabi Musa untuk mencari seekor lembu betina yang akan disembelih.

Menurut Buya Hamka, penamaan dalam Al-Qur’an bukan sebagai judul dari satu rencana yang menerangkan suatu hal khusus.

Nama-nama surat dalam Al-Qur’an hanya sebagai tanda dari sebuah surat. Nama surat itu bukan lebih penting dari yang lain yang diuraikan dalam Al-Qur’an. Sebab semua yang diuraikan dalam Al-Quran adalah penting.

Surat Al-Baqarah terdiri dari 286 ayat dan merupakan surat terpanjang di antara 114 surat lainnya dalam Al-Qur’an.

BACA JUGA: Agar Tak Salah, Berikut Panduan Rasulullah SAW Terkait Harta dan Santunan Anak Yatim

Selain itu surat Al-Baqarah ini juga memiliki keistimewaan dalam hadits Riwayat Imam Tirmidzi.

Seperti diceritakan Abu Hurrairah, Rasulullah SAW mengatakan segala sesuatu di dunia memiliki puncak.

Dalam Al-Qur’an puncaknya adalah surat Al-Baqarah. Di dalam Al-Baqarah ada ayat yang merupakan tuan dari ayat yang lain yaitu Ayat Kursi.

BACA JUGA: Kisah Nabi Muhammad yang Bikin Langit Berguncang

Bahkan, rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan. Dijelaskan dalam dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.

Rasulullah SAW mengatakan “Sesungguhnya Allah SWT menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al-Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya” (HR Tirmidzi).

Oleh sebab itu, banyak ulama yang menyarankan untuk membaca Surat Al-Baqarah jika ingin mengusir jin yang mengganggu.(Nesia Gita Adhadi/Fnd)